Spesial Report oh repot yang spesial …

Sudah dua minggu saya mengerjakan perkerjaan kantor mengenai permasalahan special report. Ia adalah suatu laporan mengenai seluruh pembelian yang nantinya dapat digunakan untuk keperluan sales dan finance.

Di kantor, kami menggunakan Magento. Sebetulnya laporan bawaan Magento sudah ada, namun sesuai keinginan kantor, kami buat custom. Pembuatannya hemat saya terbilang susah, karena harus ditarik dari database langsung menggunakan query.

Nah, Magento ini meletakan setiap atribut dalam tabel yang berbeda. Akibatnya saya harus menggunakan subquery. Contohnya saya ingin mendapatkan nilai special price, saya harus memanggil 3 tabel sekaligus, itu baru satu field yang nantinya digunakan dalam satu tampilan special report, belum field lainnya. Yang pasti merepotkan dan bikin pusing kepala hahahaha 🤣 tapi itulah resiko pekerjaan.

Belum lagi query lama yang dibuat teman saya terdapat 350 rows 😆, jika ditulis di text editor luar bisa bukan? Dan saya harus meringkas query tersebut agar di Magento tidak berat, juga terkadang membuat server down gara-gara query yang tidak sehat itu hahaha 🤣.

Sejujurnya saya tidaklah mahir dalam bahasa query dari MySQL. Terkadang masih sering buka-buka w3school dan tutorial basic lainnya hahaha. Tapi dengan adanya pekerjaan ini, menjadikan saya lebih teliti dan saya rasa mengasah kembali bahasa query saya. Dan syukuri saja apa yang ada hehehehe 😁

Leave a Reply