Sekarang Sudah Zamannya Https

Hampir semua situs yang saya kelola selalu menggunakan https. Kalian lihat sendiri blog ini meskipun cuma sekadar catatan, tapi ia menggunakan https. Mengapa? Karena sudah zamannya.

Pada awal 2015, situs utama saya yakni situsali.com telah saya migrasikan dari http ke https. Tujuannya karena ingin mengikuti trend hehehe 😁 setelah itu domain lain mengikuti termasuk domain ali.my.id ini SSL yang saya gunakan juga dari SSL gratisan bawaan CloudFlare.

Sejak 2016 saya lebih senang menggunjugi situs-situs yang sudah https, daripada yang belum. Alasannya sih klasik agar tidak diinjeksi iklan oleh ISP, beberapa ISP seperti Indosat, Speedy, dll menyisipkan iklan di situs. Meskipun situs itu tidak beriklan tapi kaena iklan dari ISP maka situs tersebut jadi beriklan. Sangat menggangu sih, meskipun saya sudah pasang uBlock pada browser, terkadang tetap saja iklan tersebut muncul. 😅 Makanya saya pilih situs yang ber-https saja.

Situs-situs yang telah menggunakan https tidak akan bisa disisipi iklan oleh ISP. Berbeda dengan http. Secara teknis http itu hanya plaintext makanya bisa disisipi iklan, sedangkan https, sesuai dengan suffiksnya S, yakni secure. Karenanya iya membutuhkan sertifikat SSL agar bisa diakses.

Kesimpulannya, ayo migrasi ke https. Sertifikat SSL sekarang ada yang gratis yakni dengan CloudFlare atau Let's Encrypt 😅

Leave a Reply