Port Forwarding di First Media

First Media disingkat dengan FM adalah layanan ISP (Internet Service Provider) di Indonesia yang terkenal dengan harganya yang murah dan stabil tapi kurang cakupan karena tidak semua daerah bisa menikmati FM ini.

Saya di rumah sudah berlanganan hampir 8 tahun, dari mulai saya SMA sampai saya lulus kuliah. Hadirnya FM di rumah menjadikan saya melek teknologi, ya.., puji syukur dengan demikian saya bisa browsing, membaca artikel di internet, mempraktekan berbagai tutorial dari internet hingga tak terhitung banyak hal yang di dapat ketika ada internet di rumah.

Berawal dari keisengan saya dahulu ingin tahu tentang me remote PC dari jarak jauh dengan internet. Mencari tahunya dari berbagai informasi yang saya dapatkan dari hasil pencarian Google, yakni hanya butuh IP Public dan Port yang terbuka. IP Public bisa dicek di Google dengan mengetik My IP nanti ketahuan IP Public kita di sana. Nah untuk urusan port Saya tidak tidak tahu port apa saja yang terbuka. Ada yang menyarankan dengan cara dipindai (scan) saja port itu. Akhirnya, saya coba lakukan dengan aplikasi nmap dengan perintah (command) :

sudo nmap -p 1-65535 -Pn IP_PUBLIC

Dan viola, terdapat 2 port FM yang terbuka yakni port 8080 dan 2303, nah dengan begitu saya manfaatkan dijadikan remote PC, pertama untuk port 8080 saya gunakan untuk web hosting dan yang kedua port 2303 saya gunakan untuk SSH.

Oke, semoga bermanfaat.😊

Leave a Reply