Membuat Website itu mudah yang sulit merawatnya

Saya pernah mendengarkan sebuah ungkapan yang kira-kira seperti ini:

Mencintai itu mudah, yang sulit itu mempertahankan.

Nah, saya rasa ini berlaku juga untuk situs yang saya kelola sendiri.

Saya mengelola 3 situs, dua situs serius satu situs iseng-iseng 😁. Adapun situs serius yang saya kelola yakni situsali.com dan www.mutarjim.web.id. Sedangkan situs iseng-iseng ya situs yang sedang kalian baca ini wkwkwkw 🤣.

Cukup melelahkan juga mengurus 3 situs di samping saya harus mengurus mengisi konten, juga saya harus memperhatikan juga VPS nya. Semua itu adalah hal penting. Memang betul yang paling penting adalah mengisi kontennya, tapi merawat VPS agar terus hidup juga tidak kalah penting.

Konten yang tidak terurus mengakibatkan saya jarang update. Persoalan menulis artikel itu bisa saya katakan susah-susah-gampang. Susah karena artikel yang saya tulis murni dari pengalaman pribadi.

Permasalah mengenai hal-ikhwal di kantor mengenai dunia IT biasanya saya tulis di situsali tapi tidak semua.

Terkadang menuliskan apa yang saya alami cukup sulit untuk dituangkan dalam bentuk kalimat. Akhirnya tidak jadi ditulis. Juga terkadang lupa apa saja yang telah dilakukan tadi, hingga masalah tersebut selesai.

Akan tetapi dari semua itu, saya masih terus berusaha untuk merawat 3 situs saya. Sejujurnya 3 situs yang saya kelola belum menghasilkan apa-apa atau dengan kata lain belum menghasilkan uang, dan saya tidak akan memasang iklan (adsense) dalam situs. Karena saya rasa itu membuat situs jadi jelek menurut saya, kalau iklan itu produk sendiri saya masih mau hahaha. 😅

Leave a Reply