Membuat Tema Jekyll Berbasis Bootstrap 3

Terhitung mulai dari hari Sabtu kemarin tanggal 19 Maret 2016, saya membuat tema Jekyll dengan CSS framework Bootstrap v3. Saya melakukan ini kerena awalnya berfikir menggunakan tema orang lain disisi lain saya tidak memilki kepuasan sendiri.

Nah, berawal dari ketidakpuasan itu, akhirnya saya belajar membuat tema Jekyll ini. Ternyata lumayan gampang jika saya membandingkan dengan saya membuat tema untuk CMS (Content Management System) seperti WordPress ataupun Joomla. Kalau ditinjau dari urutan yang mudah dalam membuat tema atau template saya urutakn yang termudah itu:

  1. Jekyll
  2. Joomla
  3. WordPress

Jika Anda lihat urutan di atas, saya menempatkan Joomla pada urutan ke-2 termudah membuat temanya, itu didasarkan dari pengalaman saya selama kurang lebih hampir 4 tahun berkutat di dunia Joomla, dan banyak proyek website yang saya kerjakan menggunakan CMS Joomla baru dua tahun terkahir saya ada orderan menggunakan WP. Saya akui sampai sekarang Joomla tetaplah yang termudah dibandingan WP dalam hal membuat temanya.

Kembali lagi ke Jekyll, saya belum lama belajar Jekyll mungkin baru sekitar 2 mingguan berawal dari rasa penasaran banyak teman-teman pakai Jekyll dan ngeblog di GitHub Pages . Saya pikir dulu ngeblog tidaklah asyik, karena pikir saya yang namanya ngeblog justru ya di WP atau dari Blogspot, tapi tidak ternyata itu semua sudah kuno πŸ˜…. Justru dengan Jekyll jauh lebih bagus menurut saya, pertama mudah dikostumisasi; kedua fokus pada kontennya dan kita bisa menulis artikel dimanapun kapapun dengan aplikasi teks penyuntingan (Text Editor) apapun.

Mengapa saya katakan fokus dikonten, karena di Jekyll kita menulis artikel tidak lagi dipusingkan dengan login atau dengan format penulisannya, karena Jekyll menggunakan Markdown dalam penulisan, yang membuat kegiatan tulis-menulis kita jadi lebih mudah dan simpel.

Oiya, di sini belum saya tulis bagaimana kelebihan-kekurangan Jekyll, cara menggunakannya serta cara membuat temanya. Insya Allah, akan saya tulis disini ataupun di situsali.com saat ini saya lagi siapkan draft tulisan menganai Jekyll ini.

Ya sudah gitu dulu ceritanya. πŸ˜…

Leave a Reply