Main PS1 di HP dengan Stick Xbox 360 + USB OTB

Hari ini saya menghabiskan waktu bermain game Playstation 1 di smartphone Moto G5S. Awalnya sih, saya sedang jenuh saja dengan game-game yang ada di HP, dan entah mengapa hasrat ingin main game PS1.

Dan akhirnya saya putuskan untuk membeli ePSXe di Playstore, seharga 49ribuan. Game pertama yang saya mainkan adalah C-12 Final Resistance.

Bermain dengan virtual joystick bawaan ePSXe untuk stage pertama saya rasa sudah cukup mudah dimainkan. Tapi lama-kelamaan terasa sulit juga, kalau bukan pakai joystick betulan.

Memang tidak cocok sih kalau bermain game yang tombolnya banyak di layar sentuh. Terkecuali game tersebut gak banyak menggunakan kombinasi, seperti main Harvest Moon, masih bisa dimainkan dengan virtual joystick.

Saya sebetulnya di rumah memiliki Ipega, yakni memang joystick yang dirancang untuk smartphone, koneksinya menggunakan bluetooth. Tapi hal yang menjengkelkan dari ipega yakni terkadang susah konek dengan HP, membuat saya beberapa kali harus pairing.

Nah, akhirnya saya gunakan joystick Xbox 360 USB, joystick sudah lama saya miliki, hanya saja saya jarang menyalakan PC di rumah untuk keperluan main game. Karena sudah terlalu lama tidak saya gunakan, joystick itu sangat berdebu, untungnya sih port USB nya gak karatan kalau karatan repot nantinya wkwkwk 🤣.

Saya beruntung beli joystick Xbox 360 yang original, seharga 300 ribuan, waktu itu sedang promo hahaha 😅. Ternyata daya tahannya cukup kuat juga meskipun tidak dipergunakan dalam waktu yang lama dan terkena debu berlebih.

Beda dengan joystick saya yang harganya 60 ribu dua, baru beberapa bulan tidak dipakai malah port USBnya juga sudah karatan dan tombolnya susah sekali dipencet karena karet di dalamnya sudah tidak elastis lagi. Maklum murahan beda kelas wkwkwk.

Joystick Xbox 360 saya colokan menggunakan USB OTG, dan ternyata berjalan sangat mulus tanpa kendala, yang lebih kerennya lagi ePSXe langsung mendeteksi ketika saya baru mencolokkannya di HP.

Lihat tangkapan layar di atas, langsung terdeteksi namanya.

Kekurangan menggunakan joystick ini hanyalah pada kabel. Jadi tidak efisien. Lucu juga sih bermain game di smartphone tapi masih ada kabel sliweran di mana mana wkwkkw 🤣.

Iya kan, tidak efisien dan tidak sedap dipandang mata karena kabel panjang sliweran di mana mana. Tapi biar begitu, tetapi hemat saya itu yang terbaik karena berjalan dengan lancar tanpa kendala, dan yang paling penting satu joystick bisa dipakai di mana saja, baik PC maupun HP 😅

Leave a Reply