Kembali Ke WordPress

Akhirnya saya kembali lagi ke WordPress untuk menulis catatan di sini setelah sebelumnya menggunakan static site yakni Jekyll. Mengapa saya harus kembali? Static site di sisi lain memiliki keunggulan yakni ada pada kecepatan dan keamanannya. Cepat karena ia statis dan tanpa database server; kemudian aman karena ia tidak menggunakan database.

Namun, di lain sisi static site juga memiliki kekurangan, pertama jika konten sudah banyak sulit untuk diorganisir, karena statis jadi semua konten tulisan berupa berkas (file), bayang jika tulisan kita sudah ribuan, lalu kemudian ada tulisan yang salah dan itu harus kita sunting akan cukup menyulitkan. Kemudian yang kedua, segalanya serba manual. Untuk mengatur tema, pengaturan, semua dilakukan serba manual. Belum lagi untuk masalah search content dalam situs, kita harus membangun lagi, kemudian masalah SEO dan lain-lain.

Intinya static site kurang cocok untuk blog bagi saya pribadi. Saya menggunakan WP karena ingin fokus menulis tanpa banyak konfigurasi lagi. šŸ˜„

Leave a Reply