Kamus Mutarjim Harus Dihidupkan Kembali

Sudah hampir 4 tahun, saya tidak mengotak-atik kamus Mutarjim, ia seakan mati suri begitu saja. Padahal kamus Mutarjim itu merupakan project Android pertama yang telah saya publikasikan di PlayStore. Dan ia juga merupakan salah satu karya yang menurut saya karya terbaik.

Pada awalnya saya membuat kamus Mutarjim bertujuan untuk menyalurkan hobi saja. Berhubung kuliah saya jurusan Tarjamah (Bahasa Arab) di Fakultas Adab dan Humaniorah, UIN Jakarta. Jadi, kamus Mutarjim merupakan bentuk kolaborasi apa yang telah saya pelajari saat kuliah dengan sesuatu hal yang saya senangi yakni ngoding. Sedikit kontradiksi memang antara kuliah dan hobi saya, bahkan saya di dunia maya lebih dikenal orang yang sering ngoding 😅. Bahkan sekarang saya bekerja sebagai IT Staff, hahahaha 😅.

Oiya, mengenai kontradiksi kuliah dengan hobi saya hingga akhirnya saya bekerja sebagai IT Staff, jangan salah sangka bahwa saya ini salah jurusan. Saya sendiri tidak merasa saya salah jurusan. Justru keduanya bermanfaat dan bisa saya terapkan, ya salah satu bentuknya yakni aplikasi Android kamus Mutarjim ini.

Lanjut kepermasalahan Kamus Mutarjim. Sudah 4 tahun tidak diotak-atik, sebetulnya bukan tidak lagi dikembangkan. Saya masih tetap mengembangkan, tetapi progresnya memang sangat lamban, penyebabnya karena ada beberapa faktor internal dari dalam diri saya sendiri. Salah satunya kurangnya motivasi. Saya sendiri sebetulnya merasa bersalah, karena yang saya rasakan bahwa kamus Mutarjim ini memang berguna dan sangat dibutuhkan bagi orang lain. Tetapi saya sendiri belum termotivasi untuk mengembangkannya kembali.

Sebetulnya juga sejak Febuari 2016 kemarin saya sudah membeli domain mutarjim.web.id. Domain itu saya beli merupakan bentuk the next kamus Mutarjim versi daring (online). Ya, jadi nanti rencananya seperti kamus KBBI, untuk pencarian kosa kata. Mirip dengan versi luringnya (offline). Hanya saja untuk versi daring database lebih ter-update dibandingkan dengan versi luring, yang nantinya ketika sudah satu bulan terkumpul, ia ditambahkan untuk versi luring.

Rencana demikian sebetulnya sudah saya pikirkan sejak lama, akan tetapi lagi-lagi ia hanya sekadar rencana, sampai sekarang masih belum terrealisasi. Oleh karenanya pada bulan ini saya berusaha untuk semangat menciptakannya. Target bulan depan, sudah bisa di launching. Mudah-mudahan tidak ada kendala dan bisa saya selesaikan sesuai target. Amin.

Bagi Anda yang membaca tulisan ini, mohon juga bantuannya ya…, baik moril maupun materil. Terima Kasih.

2 thoughts on “Kamus Mutarjim Harus Dihidupkan Kembali”

  1. Bang Ali, kok skg mutarjim udah ga ada di playstore sih?
    mutarjim saya keuninstall, pas mau install ulang malah ga ada di playstore, piye iki bang?

Leave a Reply