Galat 10.1000 Printer HP M127fn

2 Minggu yang lalu di kantor saya membeli printer baru laser yang all-in-one semua ada dari mulai pemindaian (scanning), fotokopi, faks, hingga jaringan yakni HP Laserjet Pro MFP M127fn.

Hal yang paling saya suka dari printer tersebut yakni mendukung jaringan LAN. Jadi dengan demikan, saya tidak perlu komputer lagi untuk membagi (sharing) printer tersebut. Cukup buat IP Statis yang mengarah ke printer tersebut. Oiya, secara asali (default) printer HP Laserjet Pro MFP M127fn ini jaringannya menggunakan DHCP (Dynamic Host Configration Protocol) jadi sudah otomatis dapat IP dan juga mendukung Netbios Name kita bisa langsung resolv IP nya menggunakan hostname.

Karena printer ini baru, bukan berarti saya harus belajar lagi. Sebelumnya di kantor telah ada printer yang lebih canggih lagi yakni Fuji Xerox DocuPrint CM 405df, bermula dari situ saya belajar printer “canggih” hingga membawa pengalama pada printer serupa.

Singkat cerita, ketika saya instalasi printer tersebut dan membuatkan kabel LAN nya agar dapat di share dan semua berjalan mulus. Sudah test print, scanning dan fotokopi berjalan dengan lancar sebagai mana mestinya dari semua komputer yang terhubung dengan printer tersebut. Tapi ada satu hal yang mengganjal yakni munculnya galat 10.1000.

Dengan galat demikian menyebabkan:

  1. Chip toner pada printer tidak terdeteksi sebagai toner yang original. Masa printer baru toner nya gak asli kan aneh 😑.
  2. Tidak bisa memonitorisasi sisa tinta dalam toner.
  3. Terkadang menyebabkan tidak bisa mencetak (priting) ataupun memindai (scanning).

Ketika saya searching masalah demikan di google dan dapatlah. Ternyata masalahnya spele yakni saya lupa mencabut pelindung chip pada toner yang berwarna oranye itu 😆 seperti gambar di bawah ini:

Pelindung chip pada toner sebelum dicabut.

Pelindung chip pada toner yang telah dicabut.

Lalu saya masukan kembali toner tersebut ke printer nya dan tak lama kemudian normal deh, saya bisa mengecek keaslian toner printer dan sudah terdeteksi sebagai toner yang asli.

Kesimpulan

Jika Anda memiliki hal yang sama dengan saya pastikan: 1. Cek semua pelindung toner apakah sudah terbuka atau belum? 2. Cek keaslian toner

Jika semua normal artinya printer Anda baik-baik saja. Jika tidak, saran saya pastikan beli toner yang asli dan yang kedua coba bawa printer Anda ke service center terdekat.

Leave a Reply