Tips Menjalankan ODOA

Sudah satu minggu di grup PegeLinux gembar-gemborkan tentang konsep ODOA ini. Biasanya dituntut bagi mereka yang memiliki blog. Tujuannya sih, sangat baik yakni agar mereka terbiasa menulis, juga tidak membiarkan blog-nya tidak terurus. Karena menciptakan situs atau blog itu mudah, yang sulit itu mempertahankannya, terutama bertahan agar tetap memperbarui artikel.

Dari semua itu saya memiliki sedikit tips yang saya lakukan ketika menjalankan ODOA ini. Berikut ini tipsnya:

  1. Ketika ada ide langsung saja tulis. Ide bisa datang dari mana saja, ketika ia datang jangan berlama-lama langsung saja tulis.
  2. Ketika mendapatkan banyak ide, tuliskan ide tersebut menjadi beberapa judul. Dengan demikian Anda akan memiliki banyak judul.
  3. Kurangi bermain sosmed. Inilah penyebab yang menjadikan banyak membuang waktu.
  4. Tulis sesuai dengan apa yang Anda pikirkan. Jangan malu untuk menuliskannya. Jangan dijadikan alasan bahwa “tulisan saya belum bagus”, “saya belum bisa merangkai kata”, dan sebagainya.
  5. Gunakan teknik Pomodoro. 25 Menit fokus menulis, tidak melihat surel, sosmed, dan lain sebagainya yang menjadikan fokus untuk menulis teralihkan. Ketika sudah 25 menit, istirahat. Dari sini baru boleh bermain sosmed sebentar. Kalau Anda pengguna GNU/Linux bisa menggunakan aplikasi Gnome Pomodoro. Aplikasinya cukup bagus untuk mengingatkan dan manajemen waktu, kapan harusnya fokus, kapan harusnya bermain.
  6. Awal-awalnya sedikit dipaksa, agar menjadi terbiasa. Seperti kita membiasakan diri sarapan pagi atau makan tepat waktu.
  7. Kurangnya motivasi. Ini paling penting, tak ada motivasi semua pelaksaan keenam poin-poin di atas tidak akan terlaksana. Lalu bagaimana caranya memotivasi diri? Gunakan sistem reward atau penghargaan terhadap diri sendiri. 😅

Perhatian!

Demi kenyamanan bersama, sebelum berkomentar, harap gunakan bahasa yang baik dan benar. Dilarang berkomentar yang dapat memicu pertengkaran dan menyinggung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *