Rencana Mau Buat Bot Asisten

Sejak tahun 2015, saya lebih aktif di sosmed perpesanan instan Telegram. Dan sering join juga dibeberapa grup. Meskipun hanya pada beberapa grup saja yang berkaitan dengan GNU/Linux atau Pemrograman. Itupun juga di grup yang umumnya orangnya sudah saya kenal.

Dari grup tersebut saya lumayan aktif menjawab beberapa pertanyaan yang kiranya saya tahu atau pernah mengalaminya atau memang sudah menjadi makanan sehari-hari. Jadi ketika saya menjawab beberapa pertanyaan itu serasa seperti refleks saja, tanpa browsing dulu tanpa lihat sumber dulu, tanpa praktekan dulu, dan sebagainya. Intinya sih, seperti orang yang sudah hafal 😄. Mungkin inilah yang dikatakan pepatah, “Bisa karena terbiasa”.

Dari beberapa grup di Telegram itu, banyak pula yang menanyakan saya via PM (private message) atau bahasa kerennya japri. Entah apa alasan mereka bertanya via japri ke saya, mungkin karena alasan tidak mau menggangu grup, atau mungkin ingin mencari seseorang yang dianggap pakar dipercaya, atau mungkin memang butuh pegangan dari satu orang saja.

Saya sendiri sih sebetulnya lebih senang pertanyaan itu dilempar di grup saja, karena kalau di grup sudah pasti banyak jawaban. Kekurangnya sih, di grup itu banyak pendapat akhirnya sulit untuk memegang pendapat mana. Atau juga terkadang di grup itu dijawab dengan candaan (saya sendiri termasuk kategori orang yang suka sekali bercanda 😄). Atau mungkin lebih parah dari itu seperti nge-troll. Oleh karenanya, beberapa orang mungkin lebih nyaman melakukan pertanyaan via PM kepada sesorang yang mungkin dianggapnya dia adalah orang yang tepat untuk dijadikan rujukan.

Umumnya PM yang saya terima itu beberapa bersumber dari orang-orang di grup atau dari salah seorang pembaca situs saya di situsali.com atau dari para mengguna bot KBBI saya (@kbbibot). Beberapa pertanyaan banyak yang terulang atau saya tidak sempat membalasnya. Oleh karenanya saya ingin membuatkan suatu bot khusus atau semacam assistant bot. Yang mana semua orang dapat bertanya disitu saja dan pertanyaan itu akan saya rekam, jika suatu saat ada pertanyaan yang serupa cukup forward saja jawabnya dari yang ada. Dengan demikian akan mempermudah saya sendiri.

Oiya, ini baru sekadar rencana saja loh, saya sendiri belum tau bagaimana cara kerjanya nanti. Baru sebatas ide saja, hahaha, tapi memang ide ini mau saya wujudkan sambil belajar juga tentunya hehehe.

Perhatian!

Demi kenyamanan bersama, sebelum berkomentar, harap gunakan bahasa yang baik dan benar. Dilarang berkomentar yang dapat memicu pertengkaran dan menyinggung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan).

One Reply to “Rencana Mau Buat Bot Asisten”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *