Bikin Mainan di Bulan Puasa

Sudah berjalan satu minggu, saya menyempatkan waktu untuk membuat mainan selama bulan puasa, biar ada kegiatan juga di samping ibadah dan bekerja. Daripada cuma tidur aja wkwkwkw 🤣.

Mainan di sini bukan mainan untuk anak-anak bocah, melainkan mainan berupa “bikin aplikasi web”. Yakni saya bikin sebuah CMS yang nantinya akan dipakai buat platform situsali.com.

CMS ini saya bangun menggunakan Laravel 5.6. Biar ilmu Laravel nya gak ilang karena jarang dipakai. Seperti kata orang-orang:

Keterampilan dapat hilang apabila tidak pernah dipergunakan lagi.

Kantor saya yang sekarang juga tidak pakai Laravel. Dan dari awal tidak pakai framework hahaha, sialnya saya adalah orang yang meneruskan project tersebut, dan sudah 80% jadi.

Daripada saya buat dari awal mending diteruskan saja yang sudah ada. Meskipun bikin mumet juga baca kodingan orang lain yang tidak menggunakan framework hahaha 😅.

CMS yang baru saya buat ini, akan saya beri nama dengan mengambil dari nama Istri saya, tapi sedikit dipeleskan hehehe.

Umumnya kalau saya bikin project kecil-kecilan selalu menggunakan nama saya. Tetapi, tidak untuk saat ini, saya ingin memakai nama istri saya, siapa tau dengan nama istri, saya jadi lebih semangat mengerjakannya. 😁

Semoga CMS ini bisa segera saya pakai dan sehabis lebaran bisa saya pergunakan langsung sebagai demo. Yah, mudah-mudahan saja tidak ada kendala.

Leave a Reply